Urip mung mampir ngarit!

Sambel Tempe Kemangi

Sesuai janjiku kemarin bahwa saya akan menceritakan tentang masakan fenomal Emak  yaitu Sambel Tempe Kemangi. Sederhana memang kalau dilihat dari namanya. Tetapi tidak menurut keluarga saya. Menu tersebut merupakan masakan terlezat. Mungkin kalian pernah mendengar pepatah mengatakan‘Masakan terlezat di dunia adalah masakan simbokmu. Karena ada bumbu cinta di dalamnya’. Bumbu tersebut tidak akan pernah kalian temukan di restoran mahal sekalipun.

Kembali ke Sambel Tempe Kemangi. Lauk tersebut sering Emak sajikan setiap kali kami sarapan pagi. Perpaduan antara pedas lomboknya dan gurihnya tempe sangatlah pas. Kalau kata Pak Bondan Maknyus.

Karena saya baik hati akan saya beberkan resep lauk spesial buatan Chef Simbok saya. Bisa kalian catet di buku atau di hape tidak apa-apa.
Bahan : Tempe secukupnya
              Daun Kemangi juga secukupnya
Bumbu:
* Lombok 3-5 biji
* Bawang (Bawang Putih, kalau Bawang Merah di kampung saya disebut Brambang)
* Moto secukupnya
* Uyah (Garam) secukupnya
Proses:
1. Semua bumbu dihaluskan jadi satu di cowek maka jadi sambel
2. Tempe digoreng setengah mateng kemudian ditiriskan
3. Kemangi juga digoreng, jangan sampai garing
4. Ulek tempe tadi di sambel sampai bercampur
5. Campur kemangi ke sambel tempe tersebut
6. Taaaa...raaaaaa.... selesai, siap dimakan.

Dengan lauk sambel tempe kemangi satu cowek begitu biasanya saya berebut dengan Mas dan Adik. Bahkan lauk beberapa sendok saja bisa menghabiskan sego sak wakul.

Masakan Emak memang paling lezat di dunia. Masakannya yang membuat kita merantau jauh selalu ingat dengan rumah dan kampung halaman.

Terima kasih Emak. Berbahagilah bagi mereka yang masih bisa menikmati masakan Emaknya.
Pernah saya mencoba membuat sambel tempe tersebut. Tetapi saya tidak bisa membuat seenak yang dibuat Emak. Mungkin tidak ada cinta pas saya membuatnya. Karena cinta saya khusus buat kamu...Iya kamu..... #hahahaha.

Karena Emak dan Bapak masih di sawah, sepulang sekolah saya membuat lauk sambel tempe. Optimis saya tentu rasanya sebelas duabelas sama buatan Emak. Setelah selesai dicobalah sambel tempe tersebut oleh Mas dan Adik. Dan lauk kali ini saya kasih namaSoybean Basil Sauce, biar keren gitu. Tetapi tidak sekeren hasilnya.

“Kakeane tenan, sambelmu kasinen,”kata Masku yang pertama kali nyoba.

“Mosok to Mas?” jawabku masih penasaran

Bajirut tenan. Rasanya memang keasinan. Mungkin tadi saya kebanyakan ngasih garam #hahahaha. Aku hanya mesem kecengengesan.

“Modyar kowe,” umpat Masku.
Tag : Cerita
0 Komentar untuk "Sambel Tempe Kemangi"

Monggo nak selo podo komentar.....

Back To Top